Kamis, 23 Februari 2023 - 11:49:58 WIB

Kunjungan Dirjen P2P Kemenkes RI di KKP Merauke

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita KKP - Dibaca: 393 kali

     Pada tanggal 17 Februari 2023, Tim Kunjungan Kerja Komisi IX DPR RI tiba di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan.  Agenda kegiatan Tim  Kunjungan Kerja Komisi IX DPR RI selama berada di Merauke antara lain:


1. Pertemuan dengan Gubernur Papua Selatan di Swis-bell Hotel Merauke.
2. Peninjauan lapangan PT. Plasma Nutfa Marind,
3. Peninjauan lapangan Puskesmas Sota, dan
4. Peninjauan lapangan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota.


     Hadir dalam Tim Kunker salah satunya adalah Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM. MARS. Di sela-sela waktu kunjungan kerja, Dirjen P2P menyempatkan diri untuk mengunjungi Kantor Kesehatan Pelabuhan Merauke.


      Pada kunjungan di Kantor Kesehatan Pelabuhan Merauke, Dirjen P2P memberikan arahan kepada pejabat struktural dan seluruh pegawai Kantor Kesehatan Pelabuhan Merauke. Dalam arahannya, yang pertama Dirjen P2P menekankan pentingnya penguatan surveilans di pintu masuk, terutama di PLBN Sota yang merupakan pintu masuk dan keluar bagi pelintas batas asal Papua New Guinea dan warga Negara Indonesia. Selanjutnya, Dirjen P2P menyoroti pentingnya penguatan kemampuan dalam mendeteksi penyakit berbasis laboratorium. Bentuk kegiatan penguatan kemampuan deteksi penyakit berbasis laboratorium ini berupa melaksanakan surveilans influenza-like illness (ILI) dan surveilans severe acute respiratory infections (SARI) di perbatasan. Untuk memastikan bahwa kegiatan tersebut dapat berjalan. Kantor Kesehatan Pelabuhan Merauke harus melengkapi PLBN Sota dengan alat tes skrining minimal berupa rapid diagnostic test (RDT) serta melakukan kegiatan pemeriksaan menggunakan metode sampling terhadap pelintas batas. Selain itu, Dirjen P2P Kemenkes RI juga menekankan pentingnya peningkatan kemampuan karantina untuk mengantisipasi kemungkinan adanya temuan kasus penyakit yang berpotensi menimbulkan Kejadian Luar Biasa atau Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KLB/KKM) seperti kasus ILI dan SARI, serta kasus penyakit menular lainnya. Dalam pelaksanaan karantina tersebut, Kantor Kesehatan Pelabuhan Merauke dapat bekerjasama untuk menggunakan tenaga cadangan seperti mahasiswa.  Hal terakhir yang disampaikan Dirjen P2P adalah mengenai pentingnya manajemen program-program yang ada di Kantor Kesehatan Pelabuhan Merauke, termasuk manajemen organisasi Kantor Kesehatan Pelabuhan Merauke itu sendiri.

  Berita Terkait


Isi Komentar :
  • cara memakai masker yang benar
  • Mengenal Vaksin Influenza Untuk Memproduksi Antibodi Pencegah Virus
  • Kemenkes Luncurkan 8 Inovasi Program Kesehatan
  • Rakerkesnas 2019 : Kemenkes Targetkan Untuk Tingkatkan Cakupan Kesehatan Semesta (UHC).
  • Kejadian Demam Berdarah Dengue Tahun 2019

474532

Pengunjung hari ini 134
Total pengunjung 169920
Hits hari ini 356
Total Hits 474532
Pengunjung Online 2
Bagaimana warna tema web ini?

Lihat Hasil Poling