Senin, 29 Mei 2017 - 07:04:13 WIB

Obesitas Salah Satu Penyebab Utama Penyakit Kardiovaskular

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Kesehatan - Dibaca: 316 kali

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (RISKESDA) tahun 2013, angka prevalensi obesitas di Indonesia mencapai 32,9% untuk wanita dan 19,7% pria. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal mulai dari warisan genetik, gaya hidup hingga faktor sosial ekonomi.

Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia, dr BRM Ario Soeryo Kuncoro, SpJP(K), FIHA menjelaskan, obesitas merupakan salah satu penyebab utama dari terjadinya beragam penyakit kardiovaskular dan gangguan metabolik. Penyakit ini juga menjadi masalah kesehatan yang mengancam dunia secara global.

Menurut dr Ario, mereka yang memiliki riwayat obesitas di keluarga akan semakin parah jika tidak menjalankan pola hidup sehat dan menghindari kebiasaan mengonsumsi alkohol hingga merokok.

"Jadi misalnya gemuk dari anak-anak hingga remaja, tapi setelah usia 20 tahun jadi ramping dan melakukan gaya hidup sehat, bisa berkurang risiko mengalami masalah jantung di kemudian hari," papar dr Ario di Jakarta.

Meski demikian, penyakit ini bisa dicegah dengan cara menjalankan pola hidup sehat dan melakukan pemeriksaan secara rutin. "Seperti stop merokok, makan makanan sehat dan olahraga teratur. Yang dijaga tiga juga, berat badan, tekanan darah dan kadar kolesterol.

  Berita Terkait


Isi Komentar :
  • Mengenal Vaksin Influenza Untuk Memproduksi Antibodi Pencegah Virus
  • Kemenkes Luncurkan 8 Inovasi Program Kesehatan
  • Rakerkesnas 2019 : Kemenkes Targetkan Untuk Tingkatkan Cakupan Kesehatan Semesta (UHC).
  • Kejadian Demam Berdarah Dengue Tahun 2019
  • Cegah Kanker dengan Deteksi Dini dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

073382

Pengunjung hari ini 6
Total pengunjung 26984
Hits hari ini 12
Total Hits 73382
Pengunjung Online 1
Bagaimana warna tema web ini?

Lihat Hasil Poling